(: Salam Ukhuwah & Salam Perjuangan :)

Syukran Jazilan atas kunjungan :D
Semoga apa yang tercoret di sini membawa manfaat pada semua~


more at Islamic-Testi


"Wahai jiwa yang tenang! Kembalilah pada Tuhanmu dengan hati yang redha dan di redhaiNya maka masuklah kedalam golongan hamba-hambaKu, dan masuklah ke dalam syurgaKu [89:27-30]


Sunday, May 2, 2010

Dari Kelahiran Muhammad saw. sampai Diutusnya

Muhammad Rasûlullâh saw. dilahirkan di Makkah pada tahun 571 M. bersamaan dengan masuknya Abrahah -- gubernur Yaman -- ke kota Makkah dengan pasukan gajahnya yang terkenal untuk menghancurkan Ka'bah. Dan pasukan itu dihancurkan Allâh SWT. dengan burung Abâbîl, sebagaimana disebutkan dalam surah Al-Fîl yang artinya "gajah". Itulah sebabnya tahun kelahiran Rasûlullâh saw. disebut "Tahun Gajah".



Ayah Beliau bernama 'Abdullâh bin 'Abdul-Muthalib bin Hâsyim, dan 'Abdul-Muthalib adalah seorang kepala suku Quraisy yang paling dihormati dan juga pemimpin kota Makkah pada masa itu. Sedangkan ibunda Beliau bernama 'Âminah binti Wahab bin 'Abdi Manâf bin Kilâb yang juga seorang wanita Quraisy.

'Abdullâh -- ayah Beliau -- adalah seorang pedagang sebagaimana layaknya bangsa Quraisy saat itu, seperti yang disebutkan Allâh dalam surah Quraisy (106).

'Abdullâh meninggal sebelum lahirnya Beliau, yaitu sekembalinya dari negeri Syâm, di tengah jalan ia jatuh sakit, dan sakitnya semakin parah ketika ia singgah di kota Madînah. Maka ia pun tinggal di keluarga Banî Najâr dari suku Khazraj, dan meninggal di tengah-tengah mereka.

Keluarga Banî Najâr masih ada hubungan keluarga dengan Rasûlullâh saw., yaitu melalui pernikahan Hâsyim bin 'Abdi Manâf -- yaitu datuk ayah Beliau -- dengan seorang wanita dari Banî Najâr.

Jadi, Rasûlullâh saw. lahir setelah wafatnya 'Abdullâh -- ayah Beliau --, Dan Beliau tumbuh sebagai anak yatim. Namun, 'Abdul-Muthalib -- datuk Beliau -- sangat gembira menyambut kelahiran Beliau, dan dialah yang memberi nama Muhammad kepada Beliau. Dan dia juga yang menanggung kehidupan Beliau dan mencurahkan seluruh kasih sayangnya kepada Beliau.

Bangsa Quraisy memiliki kebiasaan mengirim bayi-bayi mereka kepada wanita-wanita di luar kota Makkah untuk disusui, agar mereka menghirup udara yang bersih dan segar di tengah-tengah penduduk 'Arab yang masih murni bahasanya, dengan harapan agar bayi-bayi itu tumbuh sehat, kuat dan memiliki kemampuan berbahasa yang baik.

Begitu-pula halnya dengan 'Âminah, ibunda Beliau yang segera mengirim Beliau untuk disusui kepada seorang wanita bernama Halîmah dari keluarga Banî Sa'ad bin Bakar, yang bertempat tinggal di Sahara, dekat kota Makkah.

Beliau tinggal bersama Halîmah dan keluarganya sampai usia lima tahun, kemudian Beliau dikembalikan kepada ibundanya di Makkah, maka Beliau pun kembali berada dalam asuhan ibundanya dan juga datuknya.

Pada waktu yang sama, ibunda Beliau ingin mengajak Beliau bepergian ke Madînah, untuk menziarahi maqam ayahandanya. Sebuah perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan, terutama bagi Beliau yang masih berusia lima tahun. Maka Beliau pun berangkat bersama ibundanya dan seorang pelayan wanita.

Setelah berziarah ke maqam ayahandanya di Madînah dan tinggal beberapa hari di sana, Beliau pun kembali pulang bersama ibundanya. Namun, di tengah perjalanan ibundanya pun jatuh sakit, dan meninggal di sebuah tempat bernama Abwâ', yaitu sebuah tempat yang terletak di pertengahan jalan antara Makkah dan Madînah. Maka Beliau pun kembali ke Makkah sebagai anak yatim-piyatu dengan ditemani oleh pelayan wanita yang menyertai Beliau. Setibanya di Makkah Beliau pun diambil oleh 'Abdul-Muthalib datuknya, dan tinggal bersama datuknya, yang mengasuhnya dengan kasih sayang yang luar-biasa.

Sekarang Beliau benar-benar merasakan betapa pedihnya menjadi anak yatim-piyatu, tidak memiliki ayah dan ibu. Hal itu mendidik Beliau untuk selalu mengandalkan dirinya, dan secara otomatis mengasah kecerdasan Beliau, serta membuka pandangannya terhadap hakikat kehidupan dalam usia yang masih sangat muda. Dan sudah tentu ini semua merupakan kehendak Allâh yang telah menentukan pilihan-Nya terhadap Beliau untuk menegakkan risalah Islâm di muka bumi.

No comments:

Engineer Di Blog Nuqaba

rakan seperjuangan dakwah dan tarbiah